SURBAKTI, JESIKA DWI PUTRI BR, 2105030146 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA KELAS IV SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (336kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (20kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (171kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (311kB) |
![]() |
Text
BAB III-V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (562kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (84kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (906kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran IPAS materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Quasi Eksperimen dengan instrumen penelitian tes esay sebanyak 5 soal. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan kelas kontrol pembelajaran tanpa model Discovery Learning, kedua kelas ini mendapat perlakuan yang berbeda. Analisis data yang digunakan adalah uji t. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS materi manfaat gaya dalam kehidupan sehari-hari menggunakan model pembelajaran Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata 70,00 kriteria baik dan pembelajaran tanpa model Discovery Learning diperoleh nilai rata-rata 43,50 kriteria kurang baik maka ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Discovery Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah Tahun Ajaran 2024/2025 yang dilihat dari uji data akhir kedua kelas berdistribusi normal dan homogen, maka dapat dilanjutkan dengan pengujian hipotesis menggunakan uji t sehingga diperoleh hasil akhir kedua kelas yaitu thitung = 7,80 dan ttabel =1,69 dengan ketentuan jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keywords: Science Learning Outcomes, Discovery Learning Model | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | JESIKA DWI PUTRI BR SURBAKTI | ||||||||||||
Date Deposited: | 17 May 2025 09:09 | ||||||||||||
Last Modified: | 17 May 2025 09:09 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |