PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SDN 101854 SEI MENCIRIM T.P 2024/2025

SITEPU, LUSIANA PERBINA BR, 2105030227 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MONOPOLI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS IV UPT SPF SDN 101854 SEI MENCIRIM T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (414kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (511kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (256kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (777kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS dengan menggunakana model Teams Games Tournament berbantuan media Monopoli pada materi Wujud Zat dan Perubahannya kelas IV UPT SPF SDN 101854 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2024/2025, untuk mengetahui pengaruh signifikan pengaruh model TGT berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas IV UPT SPF SDN 101854 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 November 2024 di UPT SPF SDN 101854 Sei Mencirim Tahun Ajaran 2024/2025. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV UPT SPF SDN 101854 Sei Mencirim, berjumblah 59 Orang siswa yaitu 30 laki laki dan 29 perempuan. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design. Jenis design penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah berbentuk pilihan berganda.Setelah melakukan analisis data terhadap hasil penelitian maka diperoleh hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya diperoleh nilai rata-rata pretest 55,93 belum memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil belajar siswa dengan menggunakan model TGT berbantuan media monopoli diperoleh nilai rata-rata posttest 90,93 dan memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Terdapat pengaruh signifikan diketahui bahwa nilai t hitung sebesar 3,9184 pada taraf signifikasi 0,05% diperoleh t tabel 2,0024. t hitung > t tabel maka hipotesis H1 diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa ada pengaruh model TGT berbantuan media monopoli terhadap hasil belajar siswa pada materi Wujud Zat dan Perubahannya di kelas IV UPT SPF SDN 101854 Sei Mencirim Tahun Pelajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: The Teams Games Tournament model is assisted by Monopoly media
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHOTMA TIOLINA SIREGAR, S.Pd., M.Pdtiolinahotma@gmail.comNIDN 0112078003
Pembimbing IIGEMALA WIDIYARTI, S.SoS.i, M.Pdwidiyartigemala@gmail.comNIDN 0123098602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: LUSIANA PERBINA BR SITEPU
Date Deposited: 17 May 2025 10:15
Last Modified: 17 May 2025 10:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3782

Actions (login required)

View Item View Item