PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025

TARIGAN, REGGINA PUTRI D BR, 2105030101 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH TAHUN AJARAN 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (82kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (292kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (478kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (82kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (634kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN 053963 Raja Tengah, (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar tanpa menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran Matematika materi bangun ruang kubus dan balok di kelas V SDN 053963 Raja Tengah, (3) Untuk mengetahui pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 053963 Raja Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu quasi eksperimen. Pada penelitian ini sampel yang digunakan 38 siswa, dengan penjabaran 17 siswa kelas V-A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 21 siswa kelas V-B tidak menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Alat pengumpulan data pada penelitian ini berbentuk essay berjumlah 5 soal. Teknik analisis data menggunakan uji-t, sebelumnya data tersebut di uji prasyarat dengan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah melakukan analisis data nilai kemampuan berpikir kritis diperoleh nilai yang signifikan, dimana (1) kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 90,29 dengan kriteria tinggi, (2) kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 70,48 dengan kriteria rendah. Dan (3) ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN 053963 Raja Tengah.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: Problem-Based Learning, Mathematics
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Si., M.Pddediholdensimbolon@gmail.comNIDN 103118701
Pembimbing IIVINA MARIA OMPUSUNGGU, S.Sos.MSPvinaompusunggu@gmail.comNIDN 0107038901
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: REGGINA PUTRI D BR TARIGAN
Date Deposited: 18 May 2025 04:21
Last Modified: 18 May 2025 04:21
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3787

Actions (login required)

View Item View Item