PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIF PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IV SD SWASTA MULIA MEDAN T.A 2024/2025

MANURUNG, ROLANDO FERNANDES, 2105030271 (2025) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS INTERAKTIF PADA MATERI NILAI-NILAI PANCASILA DI KELAS IV SD SWASTA MULIA MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (189kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (178kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (533kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (93kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (649kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pengembangan video pembelajaran berbasis ntraktif pada materi nilai nilai pancasila di kelas IV SD Swasta Mulia Medan. Jenis penelitian research and development dengan model PPE (Planning,Production,Evaluation). Adapun lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Mulia Medan tepatnya berada di Jalan Kenanga Sari No. 33 Tj sari, Kota Medan, Sumatera Utara. Waktu penelitian dilaksankan pada Januari 2025 selama 1 hari. Subjek penelitian adalah sekolah Sd Swasta mulia Medan kelas IV yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan kevalidan dilihat dari hasil keseluruhan validator berupa lembar validasi dengan persentase nilai dari validator ahli materi 93%. Persentase nilai dari validator ahli media 96% dan termasuk kedalam kategori sangat valid, serta kepraktisan dapat dilihat melalui hasil angket respon guru dengan nilai 96% sehingga dapat disimpulkan bahwa Video pembelajaran berbasis interaktif yang dikembangkan termasuk dalam kategori praktis. Kesimpulan penelitian ini adalah video pembelajaran berbasis interaktif yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis dalam penggunaannya untuk proses pembelajaran.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords: interactive video, development, Pancasila values.
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDr. DEDI HOLDEN SIMBOLON, S.Pd., M.Sidediholdensimbolon@gmail.comNIDN 103118701
Pembimbing IIJUNIKO ESRA TARIGAN, S.Pd., M.Pdjuniko.tarigan@gmail.comNIDN 0110068902
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ROLANDO FERNANDES MANURUNG
Date Deposited: 21 May 2025 09:03
Last Modified: 21 May 2025 09:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3854

Actions (login required)

View Item View Item