LAIA,HASIKOLI, 2105030116 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SD NEGERI 060930 MEDAN T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (654kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (522kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (552kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (663kB) |
![]() |
Text
BAB III-IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (717kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (431kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN .pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (721kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tujuan penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada mata Pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 060930 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 060930 Medan yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas V-A berjumlah 23 orang dan V-B berjumlah 22 orang dengan total jumlah siswa 45 orang. Jenis penelitian penelitian kuantitatif eksperimen semu (Quasi Experiment Design) dengan pendekatan The Non-Equivalent Control Group yaitu yang dilakukan dengan cara memberikan Pretest terlebih dahulu sebelum dilakukan perlakuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran problem base learning, sedangkan varibel terikatnya adalah berpikir kritis siswa. Metode analisis dilakukan secara deskriptif dan menggunakan uji t berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir siswa kelas V SD Negeri 065015 sebelum dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 60,00. Kemampuan berpikir siswa kelas V SD Negeri 065015 setelah dilakukan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning sebesar 87,39, sedangkan pada model pembelajaran konvensional sebesar 77,73. Penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 060930 Medan T.A 2024/2025.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Based Learning, critical thinking skills of student, Indonesia language | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Hasikoli - Laia | ||||||||||||
Date Deposited: | 23 May 2025 03:27 | ||||||||||||
Last Modified: | 23 May 2025 03:27 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3871 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |