Girsang, Sarah Luvita (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
![]() |
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (948kB) |
![]() |
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (26kB) |
![]() |
Text
BAB I SARAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (217kB) |
![]() |
Text
BAB II SARAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (415kB) |
![]() |
Text
BAB lll-V SARAH.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (858kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA SARAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (204kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN SARAH.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (416kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Scramble, 2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan Model Pembelajaran Scramble, 3) Pengaruh signifikan menggunakan Model Pembelajaran Scramble,terhadap hasil belajar IPS Kelas lll SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian one grup desain yang hanya melibatkan satu kelompok.Penelitian yang dilaksanakan bulan Desember 2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas Kelas lll SD Negeri 067243 Medan Selayang. Adapun sampel penelitian adalah sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T independen. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Uji normalitas kelas III diperoleh Lhitung< 0,. Karena Lhitung(0,180179) < Ltabel(0,231) maka H0 diterima sehingga data pretest kelas III berdistribusi normal dan data posttes diperoleh Lhitung (0,21754) < 0,231 Karena Lhitung < Ltabel maka H0 diterima sehingga data postest kelas III berdistribusi normal 2). Uji homogenitas pada kelas III pretest dan posttest diperoleh Fhitung < Ftabel . Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis Fhitung < Ftabel pretest dan posttest kelas III memiliki nilai Fhitung = 1,427729 < Ftabel =2,168252 kriteria maka H0 diterima sehingga dinyatakan data pretest dan posttest kelas III homogen. 3). Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji T. Sehingga diperolehkan data nilai pretest dan posttest kelas III yaitu thitung =2,583008 dan nilai ttabel =2,024394 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble,terhadap hasil belajar siswa kelas III pada Pelajaran IPS di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran, Scrambel, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Effect of Learning Model, Scramble, Learning Outcomes | ||||||||||||
Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
Depositing User: | Unnamed user with username Sarah | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 May 2025 03:52 | ||||||||||||
Last Modified: | 30 May 2025 03:52 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3899 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |