PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.A 2024/2025

Girsang, Sarah Luvita (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS III PADA MATA PELAJARAN IPS DI SD NEGERI 067243 MEDAN SELAYANG T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (948kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26kB)
[img] Text
BAB I SARAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB II SARAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)
[img] Text
BAB lll-V SARAH.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (858kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA SARAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (204kB)
[img] Text
LAMPIRAN SARAH.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Hasil belajar siswa sebelum menggunakan Model Pembelajaran Scramble, 2) Hasil belajar siswa sesudah menggunakan Model Pembelajaran Scramble, 3) Pengaruh signifikan menggunakan Model Pembelajaran Scramble,terhadap hasil belajar IPS Kelas lll SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode penelitian one grup desain yang hanya melibatkan satu kelompok.Penelitian yang dilaksanakan bulan Desember 2024. Populasi penelitian adalah siswa kelas Kelas lll SD Negeri 067243 Medan Selayang. Adapun sampel penelitian adalah sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji T independen. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Uji normalitas kelas III diperoleh Lhitung< 0,. Karena Lhitung(0,180179) < Ltabel(0,231) maka H0 diterima sehingga data pretest kelas III berdistribusi normal dan data posttes diperoleh Lhitung (0,21754) < 0,231 Karena Lhitung < Ltabel maka H0 diterima sehingga data postest kelas III berdistribusi normal 2). Uji homogenitas pada kelas III pretest dan posttest diperoleh Fhitung < Ftabel . Berdasarkan kriteria pengujian hipotesis Fhitung < Ftabel pretest dan posttest kelas III memiliki nilai Fhitung = 1,427729 < Ftabel =2,168252 kriteria maka H0 diterima sehingga dinyatakan data pretest dan posttest kelas III homogen. 3). Terdapat pengaruh signifikan pada hasil belajar dengan jumlah nilai hasil belajar diperoleh nilai yang signifikan, pengujian hipotesis menggunakan rumus uji T. Sehingga diperolehkan data nilai pretest dan posttest kelas III yaitu thitung =2,583008 dan nilai ttabel =2,024394 maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Scramble,terhadap hasil belajar siswa kelas III pada Pelajaran IPS di SD Negeri 067243 Medan Selayang Tahun Pelajaran 2024/2025. Kata Kunci : Pengaruh Model Pembelajaran, Scrambel, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Effect of Learning Model, Scramble, Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
UNSPECIFIEDTina Sheba Cornelia Sitompul, S.Pd, M.Pddomtinasitompil@gmail.com0120058705
UNSPECIFIEDRestio Sidebang, S.Pd, M.Pdrestiosidebang@gmail.com0129038101
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Sarah
Date Deposited: 30 May 2025 03:52
Last Modified: 30 May 2025 03:52
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3899

Actions (login required)

View Item View Item