SILABAN VEBRAWANI, 2005030244 (2025) PENGARUH PENGGUNAAN METODE DISKUSI BERBANTUAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS PADA MATERI LETAK NEGARA-NEGARA ASEAN DI KELAS VI SD N 060934 MEDAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
|
Text
Cover Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (797kB) |
|
|
Text
Abstrac Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (163kB) |
|
|
Text
BAB I -Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (409kB) |
|
|
Text
BAB II-Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (624kB) |
|
|
Text
BAB III-V Repository.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
|
Text
DAFTAR PUSTAKA Repository (1).pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (454kB) |
|
|
Text
Lampiran Repository.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari hasil belajar siswa dengan menggunakan metode diskusi berbantuan audio visual pada mata pelajaran ips pada materi letak negara-negara asean di kelas VI. Penelitian menggunakan metode quasi eksperimen dengan desain pretest-postest control grou, melibatkan 20 siswa di kelas eksperimen dan 20 siswa di kelas kontrol di SD N 060934 Medan. Kelas eksperimen di ajar menggunakan metode diskusi berbantuan audio visual terhadap hasil belajar ips pada materi letak negara-negara asean, sedangkan kelas kontrol menggunakan metode konvensional. Analisis statistic menunjukkan pengaruh signifikan dari penggunaan metode diskusi berbantuan audio visual terhadap hasil belajar ips pada materi letak negara-negara asean. Perolehan nilai t-hitung = 16,65>dari t-tabel =3,70, karena t-hitung lebih besar dari t-tabel, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disumpulkan bahwa metode diskusi berbantuan audio visual merupakan metode pembelajaran yang efektif dan inovatif untuk mendukung hasil belajar ips pada siswa kelas VI.
| Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
| Uncontrolled Keywords: | Media, Lectures and Discussions | ||||||||||||
| Subjects: | 000 Generalities | ||||||||||||
| Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
| Contributors: |
|
||||||||||||
| Department: | Pendidikan Guru Sekolah Dasar | ||||||||||||
| Depositing User: | VEBRAWANI - SILABAN | ||||||||||||
| Date Deposited: | 28 May 2025 03:04 | ||||||||||||
| Last Modified: | 28 May 2025 03:04 | ||||||||||||
| URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3909 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
