PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2024/2025

ROMA ULI MARBUN, 2105030351 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE BERBANTUAN POWERPOINT TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS KELAS V SD NEGERI 060938 MEDAN JOHOR T.A 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (370kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (107kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (235kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (170kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (567kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini terdiri dari (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum diajar dengan model pembelajaran Picture and Picture berbantuan Powerpoint pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 060938 Medan, (2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sesudah diajar dengan model pembelajaran Picture and picture berbantuan Powerpoint pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 060938 Medan, (3) Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Picture and picture berbantuan Powerpoint terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas V SD Negeri 060938 Medan. Penelitian ini di SD Negeri 060938 Medan Johor pada tanggal 17-20 Januari 2024 sebagai subjeknya adalah siswa kelas V SD dengan jumlah siswa 27 orang. Jenis penelitian ini menggunakan Metode kuantitatif yang mengacu pada jenis pendekatan penelitian One Grup Design pretest posttest dengan instrument penelitian adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum melakukan pembelajaran nilai rata-rata tes awal kelas V = 48,14. Setelah dilaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model picture and picture dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata kelas V = 81,81. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran picture and picture berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 060938 Medan Johor Tahun Ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keywords : Picture and picture, Learning model, Science Learning Outcomes
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IR.L. HOLMES PARHUSIP, S.Pd., M.Pdholmesphsp720@gmail.comNIDN 0128098002
Pembimbing IIDrs Hartono Sembiring, M.Pddosen@gmail.comNIP.8918130021
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ROMA ULI MARBUN
Date Deposited: 26 May 2025 13:02
Last Modified: 26 May 2025 13:02
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3914

Actions (login required)

View Item View Item