PENGARUH SPEED READING TERHADAP PEMAHAMAN ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SDN 064030 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024

Manurung, Angela Oktaulina, 2005030286 (2022) PENGARUH SPEED READING TERHADAP PEMAHAMAN ISI BACAAN PADA SISWA KELAS V SDN 064030 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2023 / 2024. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (393kB)
[img] Text
ABSTRAK .pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (120kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (331kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (499kB)
[img] Text
SKRIPSI_BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI_DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (225kB)
[img] Text
SKRIPSI_LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari speed reading terhadap pemahaman isi bacaan pada siswa kelas V SD Negeri 064030 Medan. Metode yang digunakan pada penelitian adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest and posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064030 Medan T.P 2023/2024. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V berjumlah 31 siswa. Sampel penelitian seluruh siswa kelas V sebagai kelas eksperimen. Hasil analisa nilai rata-rata pada pemahaman isi bacaan pada tes pretest 73,70 posttest 87,09 dengan grain 13,39 sehingga presentase peningkatan 22,90%. Hasil analisa pada pengaruh kecepatan membaca pada tes pretest 355,70 kpm dan posttest 410,80 kpm dengan grain 55,10 sehingga presentase peningkatan 45,90%. Hasil analisa pada pengaruh kecepatan efektif membaca (KEM) pada tes pretest 270,59 kpm dan posttest 343,89 kpm dengan grain 73,30 sehingga presentase peningkatan 26,60%. Maka hasil dari tHitung = 8,2205 dan tTabel = 3,646 maka diperoleh tHitung > tTabel atau 8,2205 > 3,646. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan H1 diterima. Dari uraian ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode speed reading berpengaruh terhadap kemampuan membaca cepat siswa kelas V SD Negeri 064030 Medan. Kata Kunci : Speed Reading, Membaca, Pemahaman isi bacaan

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Speed Reading, Reading, Reading comprehension
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IVera Dewi Kartini Ompusunggu, S.Pd.,M.Pd, 121048704nasranidua_ompusunggu@yahoo.com121048704
Pembimbing IIDewi Afriany Susanti, S.Pd.,M.Pd, 108048801UNSPECIFIED108048801
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username Angela Oktaulina Manurung
Date Deposited: 02 Jun 2025 08:13
Last Modified: 02 Jun 2025 08:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3945

Actions (login required)

View Item View Item