PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI KELAS IV UPT SPF SDN 106177 TUNGKUSAN T.P 2024/2025

SIMARMATA, ELLA ANANDA BR, 2105030036 (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPAS SISWA DI KELAS IV UPT SPF SDN 106177 TUNGKUSAN T.P 2024/2025. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (420kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (379kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (217kB)
[img] Text
BAB III-V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (484kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (57kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (679kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan pembelajaran konvensional dan pengaruh model pembelajaran discovery learning deangan menggunakan media gambar terhadap hasil belajar IPAS siswa di Kelas IV UPT SPF SD Negeri 106177 Tungkusan T.P 2024/2024. Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen dengan rancangan penelitian pretest dan posttest. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106177 Tungkusan Tahun Pelajaran 2024/2025. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri 106177 Tungkusan yang berjumlah berjumlah 32 orang siswa. Sampel penelitian ini yaitu kelas IVA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 17 orang siswa dan kelas IVB sebagai kelas kontrol dengan jumlah 15 orang siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes essay sebanyak 5 soal. Sebelum memulai pembelajaran kedua kelas diberi soal pretest untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Hasil nilai rata-rata pretest siswa kelas IVA yaitu 38,24 dan nilai rata-rata siswa kelas IVB yaitu 39,67. Setelah kedua kelas diberi perlakuan yang berbeda, maka diperoleh nilai rata-rata kelas IVA dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning yaitu 87,06 dan nilai rata-rata kelas IVB dengan menggunakan pembelajaran media gambar yaitu 81,67. Nilai rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran discovery learning lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata hasil belajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil data posttest, uji pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh Dengan membandingkan thitun dengan ttabel yaitu 2,30 > 2,04 dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, dengan ini dapat dinyatakan bahwa ada pengaruh yang signifikan dengan penggunaan media gambar terhadap hasil belajar siswa kelas IV pada mata pelajaran IPAS materi rantai makanan di SD Negeri 106177 Tungkusan T.P 2024/2025.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Discovery Learning Model, Science Subject
Subjects: 000 Generalities
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IHASNI SUCIAWATI, S.Pd., M.Pdhasnisuciawati@gmail.comNIDN 0104048903
Pembimbing IIDrs. SEJAHTRA, M.Pdsejahtra.212@gmail.comNIDN 17096602
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: ELLA ANANDA BR SIMARMATA
Date Deposited: 04 Jun 2025 07:09
Last Modified: 04 Jun 2025 07:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/3950

Actions (login required)

View Item View Item