PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019

BARUS, REGITA TAMARA BR, 1505030174 (2019) PENERAPAN METODE OUTDOOR STUDY DALAM PEMBELAJARAN IPA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD NEGERI 053963 RAJA TENGAH TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (174kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (263kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (278kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (819kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (106kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, untuk mengetahui ketuntasan hasil belajar, untuk mengetahui peningkatan hasil belajar, dan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menggunakan metode pembelajaran Outdoor Study pada mata pelajaran IPA Materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah T.A 2018/2019. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah T.P 2018/2019 yang berjumlah 44 orang. Objek penelitian ini adalah penggunaan metode pembelajaran Outdoor Study pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah T.P 2018/2019. Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan tes. Dari analisis data diperoleh pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru 75.8% berkategori baik dan pelaksanaan pembelajaran aktivitas siswa 78 dengan kategori baik, ketuntasan secara individu mencapai nilai KKM yaitu 70, secara klasikal telah lulus 86.36%, dengan nilai rata-rata 80.45. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan Metode Pembelajaran Outdoor Study lebih baik pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas di Kelas IV SD Negeri 053963 Raja Tengah lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning, Ability, The Results Of The Study, Methods Of Pool Study, The Conventional Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Sejahtra, M.Pd-NIP. 196609171993031002
Pembimbing IITina Sheba Cornelia, M.Pd-NIDN. 0120058705
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Mar 2020 06:57
Last Modified: 23 Nov 2020 04:01
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/439

Actions (login required)

View Item View Item