MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI ATURAN SINUS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS X SMA NEGERI 1 DELITUA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SIMBOLON, ROHASIANNI BR, 1405010116 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI ATURAN SINUS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS X SMA NEGERI 1 DELITUA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (455kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (403kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (528kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (995kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (382kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan sinus dengan pembelajaran problem solving daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 342 orang dan sebagai sampel yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Problem Solving sebanyak 38 orang dan kelas X MIA-2 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional sebanyak 36 orang diperoleh dengan cara teknik sampel acak klaster. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan ∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis penelitian diperoleh rata-rata kemampuan siswa dengan menggunakan pembelajaran Problem Solving adalah 68.09, rata-rata kemampuan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 64.88, dan kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan sinus dengan menggunakan pembelajaran problem solving lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 1 Delitua Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, Problem Solving, Application Rule Of Sinus
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorVera Dewi Kartini Ompusunggu, M.PdNIDN.0121048704UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PED.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 26 Mar 2020 04:08
Last Modified: 14 Apr 2020 08:26
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/559

Actions (login required)

View Item View Item