SIMBOLON, ROHASIANNI BR, 1405010116 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA PADA MATERI APLIKASI ATURAN SINUS DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DI KELAS X SMA NEGERI 1 DELITUA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (455kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (403kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (528kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (995kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (382kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mana lebih baik kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan sinus dengan pembelajaran problem solving daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 sebanyak 10 kelas dengan jumlah siswa 342 orang dan sebagai sampel yaitu kelas X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dengan pembelajaran Problem Solving sebanyak 38 orang dan kelas X MIA-2 sebagai kelas control dengan pembelajaran konvensional sebanyak 36 orang diperoleh dengan cara teknik sampel acak klaster. Jenis penelitian adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian adalah tes bentuk uraian sebanyak 3 soal yang telah divalidasi oleh validator. Pengujian hipotesis menggunakan uji statistik t dengan taraf signifikan ∝ =5 % dan uji persyaratan analisis yaitu normalitas data dan homogenitas varians. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis penelitian diperoleh rata-rata kemampuan siswa dengan menggunakan pembelajaran Problem Solving adalah 68.09, rata-rata kemampuan siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional adalah 64.88, dan kemampuan siswa pada materi aplikasi aturan sinus dengan menggunakan pembelajaran problem solving lebih baik daripada kemampuan siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas X SMA Negeri 1 Delitua Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ability, Problem Solving, Application Rule Of Sinus | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics > 516 Geometry |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan MM | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PED.MATEMATIKA FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Mar 2020 04:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 08:26 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/559 |
Actions (login required)
View Item |