SIRINGO-RINGO, HERLINA MEI SHANTI, 1305030486 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DI KELAS V SD NEGERI 095170 SINAR BARU KECAMATAN SILIMAKUTA KABUPATEN SIMALUNGUN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (434kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (892kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (217kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan Peningkatan hasil belajar siswa penerapan Model PembelajaranKooperatif Tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPS di kelas V SD Negeri 095170 Sinar Baru Kecamatan Silimakuta Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri095170 Sinar Baru Kecamatan Silimakuta dengan jumlah siswa 26 orang.Terdiri dari 18 siswa perempuan dan siswa laki-laki 8. Objek penelitian ini adalah penggunaan Model Kooperatif Tipe Jigsaw dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pokok PersiapanKemerdekaan Indonesia. Data yang diperoleh dengan menggunakan lembar observasi dan tes. Pada siklus I, hasil analisi sobservasi aktivitas guru memperoleh hasil pengamatan dalam kategori cukup sebesar 54,5%, sedangkan oservasi aktivitas siswa memperoleh nilai dalam kategori cukup sebesar 60. Siswa yang tuntas individu sebanyak 17 dan 9 siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 69,6. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 65,38% sehingga siklus I tidak tuntas secara klasikal karena suatu kelas dinyatakan tuntas secara klasikal jika dalam kelas tersebut terdapat ≥85% siswa yang tuntas belajarnya. Pada sikLus II, hasil analisis observasi aktivitas guru 70 dalam kategoribaik sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai 74 dalam kategori baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 23 orang dan 3 orang siswa yang tidak tuntas dengan nilai rata-rata 81,7%. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 84,61% sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat mingkatkan hasilbelajar siswa pada materi pokok Persiapan Kemerdekaan Indonesia di kelas V SD Negeri 095170 Sinar Baru Kecamatan Silimakuta Kabupaten Simalugun Tahun Ajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcome, Students Teams Achievement Divisons Model, Science Subject | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 30 Mar 2020 04:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:04 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/572 |
Actions (login required)
View Item |