TUMANGGOR, WIRA AGUSTINA, 1305030099 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (151kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (613kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (148kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060972, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 060972 dengan jumlah siswa 28 orang dan objek penelitian penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas dan Perpindahannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (60 %), dan siklus II (74 %), dan persentase rata-rata siswa pada siklus I (62), dan siklus II (84), sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 16 orang siswa (57,14 %), terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 24 orang siswa (85,71%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (67,78), siklus II (77,85). Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawpada mata pelajaran IPA materi Energi Panas dan perpindahannya. di kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Usage Model Cooperative Learning Jigsaw | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 31 Mar 2020 02:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:14 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/579 |
Actions (login required)
View Item |