MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B TAHUN AJARAN 2016/2017

TUMANGGOR, WIRA AGUSTINA, 1305030099 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060972 SIMALINGKAR B TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (151kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (613kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (148kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus dengan empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060972, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 060972 dengan jumlah siswa 28 orang dan objek penelitian penggunaan model pembelajaran Kooperatif tipe Jigsaw pada mata pelajaran IPA materi Energi Panas dan Perpindahannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model kooperatif tipe jigsaw dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (60 %), dan siklus II (74 %), dan persentase rata-rata siswa pada siklus I (62), dan siklus II (84), sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 16 orang siswa (57,14 %), terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 24 orang siswa (85,71%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (67,78), siklus II (77,85). Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsawpada mata pelajaran IPA materi Energi Panas dan perpindahannya. di kelas IV SD Negeri 060972 Simalingkar B.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Usage Model Cooperative Learning Jigsaw
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Holden Simbolon, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 02:36
Last Modified: 14 Apr 2020 09:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/579

Actions (login required)

View Item View Item