UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 173119 PEANAJAGAR TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

MARBUN, IRDAWATI, 1405030498 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF NUMBERED HEAD TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 173119 PEANAJAGAR TAPANULI UTARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (208kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (716kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (152kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui rata-rata nilai siswa, ketuntasan nilai siswa, dan perbedaan kemampuan siswa setelah dilaksanakan pembelajaran pada materi perkembangan teknologi transportasi darat di SD Negeri 173119 Peanajagar Tapanuli Utara tahun pelajaran 2016/2017. Pada siklus I hasil analisis observasi aktivitas guru masih cukup, observasi aktivitas siswa memperoleh nilai cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 19 siswa dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 61,44. Persentase klasikal sebesar 73,08%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik, sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik. Siswa yang tuntas individu sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas 3 siswa dengan nilai ratarata 79,33. Persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,46%. Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Berdasarkan hasil analisis data yang diperoleh telah mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II dan siswa secara keseluruhan telah mencapai standar ketuntasan belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi perkembangan teknologi transportasi darat di kelas IV SD Negeri 173119 Peanajagar Tapanuli Utara tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Learning Model of Numbered Head Together
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorR.I.Holmes Parhusip, M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 03:55
Last Modified: 14 Apr 2020 09:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/585

Actions (login required)

View Item View Item