UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 107409 SAMPE CITA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SURBAKTI, YENITA, 1305030012 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN EXAMPLES NON EXAMPLES PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 107409 SAMPE CITA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (341kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (293kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksaan model pembelajaran Examples Non Examples dan peningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA pokok bahasan perubahan kenampakan bumi di kelas IV SD Negeri 107409 Sampe Cita Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi dalam penelitian ini adalah IV SD Negeri 107409 Sampe Cita Tahun Pelajaran 2016/2017. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 107409 Sampe Cita yang berjumlah 22 orang siswa dan yang menjadi objek penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan perubahan kenampakan bumi dengan menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes essay. Hasil penelitian pada Siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 57,5% (kategori cukup) dan pada Siklus II diperoleh sebesar 74,7% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada Siklus I diperoleh nilai sebesar 58 (kategori cukup) dan pada siklus II memperoleh nilai sebesar 78 (kategori baik). Untuk ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus I secara individu yaitu 15 orang siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 7 orang siswa sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada Siklus II yaitu 19 orang dan yang tidak tuntas sebanyak 3 orang siswa. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada Siklus I yaitu 68,18% dan untuk Siklus II yaitu 86,36%. Nilai rata-rata siswa pada Siklus I yaitu 66,51 dan nilai rata-rata siswa pada Siklus II yaitu 74,14. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkriteria baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Examples Non Examples pada mata pelajaran IPA dengan materi perubahan kenampakan bumi di kelas IV SD Negeri 107409 Sampe Cita Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning outcomes, Model Study Examples Non Examples
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Tutiarny Naibaho, M.PdNIP.196803061992032003UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 31 Mar 2020 04:31
Last Modified: 14 Apr 2020 09:32
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/592

Actions (login required)

View Item View Item