ANALISIS KESULITAN SISWA MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DI KELAS IV SDN 060922 MEDAN SUNGGAL T.A 2019/2020

SEMBIRING, MEI IRA WENTI BR, 1605030027 (2020) ANALISIS KESULITAN SISWA MENGGUNAKAN HURUF KAPITAL DI KELAS IV SDN 060922 MEDAN SUNGGAL T.A 2019/2020. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (199kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (310kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (650kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan siswa menggunakan huruf kapital, kesulitan siswa menggunakan huruf kapital , dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa sulit menggunakan huruf kapital maka dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode deskriptif-kualitatif berupa tes dan wawancara. Sampel penelitian ini ialah siswa kelas IV SDN 060922 Medan Sunggal T.A 2019/2020 yang berjumlah 35 siswa 16 orang siswa laki-laki dan 19 orang siswa perempuan. Tes dibacakan oleh peneliti dan teks ditulis kembali oleh siswa. Setelah tes maka dilaksanakan wawancara kepada siswa yang memperoleh nilai rendah. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan siswa menggunakan huruf kapital berkriteria kurang baik dengan nilai rata-rata 27. Kesulitan terbesar terdapat pada kode 5 dengan presentase (91,43%) yaitu menggunakan huruf kapital sebagai huruf pertama unsur nama gelar kehormatan, keturunan, keagamaan, atau akademik yang diikuti nama orang, termasuk gelar akademik yang mengikuti nama orang. Menunjukkan adanya ketidakpahaman siswa dalam menggunakan huruf kapital, hal ini disebabkan oleh kurangnya latihan yang dilakukan siswa dalam menerapkan menggunakan huruf kapital. Yang menyebabkan siswa sulit menggunakan huruf kapital adalah siswa belum tahu bagaimana menggunakan huruf kapital yang baik dan benar, guru belum menjelaskan tentang huruf kapital, kurangnya latihan tentang penggunaan huruf kapital, kurang nya motivasi dalam pembelajaran, respon siswa saat pembelajaran kurang baik.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Difficulties, Capital Letter
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 410 Linguistics > 415 Grammar, Sentences, Syntax, Word Order
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Pembimbing IDrs. Pandapotan Tambunan, M.Pd-NIP.196602101992031001
Pembimbing IITina Sheba Cornelia S, S.Pd., M.Pd-NIDN.012710807
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 02 Apr 2020 03:18
Last Modified: 16 Nov 2020 08:23
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item