BARASA, IVARAHAYU, 1405030476 (2017) PENGGUNAAN METODE TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI PENGUKURAN VOLUME DI KELAS V SD GALILEA HOSANA MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.PDF Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (788kB) |
|
Text
BAB I.PDF Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
BAB II.PDF Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.PDF Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (14MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.PDF Available under License Creative Commons Attribution. Download (733kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Tutor Sebaya dan meningkatkan hasil belajar siswa secara individu, klasikal, serta nilai rata-rata siswa. Lokasi penelitian ini adalah SD Galilea Hosana Medan Selayang. Subjek penelitian ini adalah siswa Kelas V SD Galilea Hosana Medan Selayang, yang jumlah siswa 28 orang. Waktu penelitian dilaksanakan pada tanggal 9 Mei dan 12 Mei 2017. Objek dalam penelitian ini adalah penggunaan metode Tutor Sebaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran Volume Balok di Kelas V SD Galilea Hosana Medan Selayang Tahun Pelajaran 2016/2017. Penelitian dilaksanakan dengan 2 siklus dengan waktu yang sama, yaitu 2x35 menit. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi) dan tahap refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Dari hasil penelitian diperoleh data siklus I dan siklus II yaitu Observasi aktivitas guru pada siklus I memperoleh nilai 57,8% (cukup) sedangkan siklus II memperoleh 78,0% (baik). Observasi aktivitas Siswa pada siklus I memperoleh nilai 66 (cukup) dan siklus II memperoleh nilai 76 (baik). Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu, pada siklus I diperoleh 19 siswa dengan persentase 67,85% yang telah mencapai ketuntasan belajar,dan 9 siswa dengan persentase 32,14% yang belum mencapai ketuntasan belajar, siklus II diperoleh 24 siswa dengan persentase 85,71% yang telah mencapai ketuntasan belajar, 4 siswa dengan persentase 14,28% siswa yang belum tuntas belajar, dan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus I 66,60 dan nilai rata-rata hasil belajar siswa siklus II 76,24%. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal, pada siklus I dan siklus II diperoleh 26,85% yang telah mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, dan nilai rata-rata siklus I dan siklus II diperoleh 14,47%. Dari hasil analisis data disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Tutor Sebaya berkategori baik dan hasil belajarnya meningkat pada mata pelajaran Matematika materi pengukuran volume Balok di kelas V SD Galilea Hosana Medan Selayang Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning,Ability, Learning Method Teachers Learning Outcomes Mathematics | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 03:35 | ||||||||||||
Last Modified: | 14 Apr 2020 09:53 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/610 |
Actions (login required)
View Item |