MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

GINTING, ITA PURNAMA SARI BR, 1305030153 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (790kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (438kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA dengan materi Sifat-sifat cahaya di kelas V SD Negeri 060891 Medan Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas V SD Negeri Medan Medan, dengan jumlah siswa 26 orang dan objek penelitian penggunaan metode dramatisasi pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,8%) dan siswa (64) pada siklus I masih cukup. Siswa yang tuntas individu sebanyak 18 siswa dan 8 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 68,46. Presentase klasikal sebesar 69,23%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baik dengan nilai (64,7%) meningkat (4,9%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baik dengan nilai (82) meningkat (18). Siswa yang tuntas individu sebanyak 23 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata (79,23) meningkat (10,77%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 88,46% dan meningkat (19,23%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Negeri 060891 Medan.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Experimental Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorDra. Elisa, M.PdNIP.196106011998012001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:59
Last Modified: 16 Apr 2020 01:30
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/615

Actions (login required)

View Item View Item