SEBAYANG, ELVI MONIKA BR, 1305030150 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 060891 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (792kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (434kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA dengan materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 060891 Medan, Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 060891 Medan, dengan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Medan, dengan jumlah siswa 24 orang dan objek penelitian penggunaan model Think Pair Share pada mata pelajaran IPA. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi dan tes. Hasil analisis observasi aktivitas guru (59,6%) dansiswa(62) padasiklus I masih cukup. Siswayang tuntas individu sebanyak 17siswa dan 7 siswa yang belum tuntas dengan nilai rata-rata siswa 69,17%. Presentase klasikal sebesar 70,83%, sehingga siklus I belum dinyatakan tuntas secara klasikal. Pada siklus II, hasil analisis observasi aktivitas guru memperoleh nilai baikdengannilai (70,4%) meningkat (10,8%), sedangkan observasi aktivitas siswa memperoleh nilai baikdengannilai (80) meningkat (18). Siswayang tuntas individu sebanyak 21 siswa dan yang tidak tuntas sebanyak 3 siswa dengan nilai rata-rata (77,91) meningkat (8,74%). Persentase ketuntasan klasikal sebesar 87,5%danmeningkat (16,67%). Sehingga siklus II dinyatakan tuntas secara klasikal. Bedasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa telah meningkat dan tuntas secara klasikal dengan menggunakan metode eksperimen pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060891 Medan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Learning Outcomes, Think Pair Share Model | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 04:18 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 01:33 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/618 |
Actions (login required)
View Item |