MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 067952 TITI KUNING TAHUN AJARAN 2016/2017

TARIGAN, VERONIKA, 1305030197 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 067952 TITI KUNING TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (766kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (780kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi gaya dorong di kelas IV SD Negeri 067952 Titi kuning T.A: 2016/2017 dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi gaya dorong di kelas IV SD Negeri 07952 Titi Kuning T.A :2016/2017 Hasil penelitian pada siklus I untuk observasi aktivitas guru diperoleh sebesar 60,3% (kategori cukup) dan pada siklus II diperoleh sebesar 70,9% (kategori baik). Hasil observasi aktivitas siswa pada siklus I diperoleh 68 (kategori cukup) dan pada siklus II diperoleh sebesar 76 (kategori baik). Dan hasil belajar siswa pada siklus I secara individu yaitu sebanyak 19 orang siswa yang tuntas dan 9 siswa yang tidak tuntas sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus II meningkat yaitu sebanyak 24 siswa yang tuntas dan 4 siswa yang tidak tuntas. Untuk ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I yaitu 67,86% dan untuk siklus II yaitu 85,75%. Sedangkan untuk nilai rata-rata siswa pada siklus I yaitu 64,42 dan nilai rata-rata siklus II yaitu 76,75 Kesimpulan hasil dari penelitian ini bahwa pelaksanaan pembelajaran sudah berkategori baik dan hasil belajar siswa sudah mengalami peningkatan dengan menggunakan metode demonstrasi pada mata pelajaran IPA materi gaya dorong di kelas IV SD Negeri 067952 Titi kuning.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Demonstration Learning Method
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 07 Apr 2020 07:13
Last Modified: 07 Apr 2020 07:13
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/625

Actions (login required)

View Item View Item