SEMBIRING, ELIZA ARIANI BR, 1405030493 (2017) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 104269 PINTU BESI TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (775kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (16MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat siswa dalam belajar dan kedisiplinan siswa dalam proses belajar mengajar di kelas sehingga hasil belajar yang diperoleh kurang memuaskan seperti yang diharapkan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 7 Februari 2017 sampai tanggal 22 Februari 2017 di SD Negeri 104269 Pintu Besi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Pintu Besi yang berjumlah 24 orang yakni 12 orang perempuan dan 12 orang laki-laki dan objek dalam penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar siswa dengan Menggunakan Media Gambar pada mata pelajaran IPA materi perubahan kenampakan permukaan Bumi dan Benda Langit di kelas IV SD Negeri 104269 Pintu Besi. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes uraian. Berdasarkan tindakan yang dilakukan dengan menggunakan Media Gambar hasil belajar siswa mulai dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan. Pada siklus I siswa yang tuntas belajar 17 orang atau 70,83% dan siswa yang belum tuntas 7 orang 29,17% dengan rata-rata 70,46.Hasil belajar siswa pada siklus II, siswa yang tuntas belajar 21 orang 87,5% dan siswa yang tidak tuntas 3 orang 12,2% dengan rata-rata 82. Peningkatan hasil belajar siklus I dan siklus II sebesar 31,24% Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan belajar mengajar dengan menggunakan Media Gambar di kelas IV SD Negeri 104269 Pintu Besi berkategori baik, Nilai hasil belajar siswa mengalami peningkatan sesuai yang diharapkan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcomes and Picture Media | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 07 Apr 2020 07:25 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 01:49 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/627 |
Actions (login required)
View Item |