TIHAJAR, 1305030141 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI O60972 SIMALINGKAR B MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (793kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (18MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (780kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dengan menggunakan model Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), prosedur penelitian yang digunakan berbentuk siklus dan masing-masing siklus dilakukan melalui empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi dan soal tes. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dalam proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pada hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari persentase rata-rata kinerja guru pada siklus I (59,80%), dan siklus II (67,10%), dan persentase rata-rata siswa pada siklus I (68,00%), dan siklus II (82,00%), sedangkan ketuntasan hasil belajar siklus I yaitu 19 orang siswa (67,86%), terjadi peningkatan pada siklus II yaitu 24 orang siswa (85,71%). Sementara persentase rata-rata nilai hasil belajar siswa pada siklus I (66,35), siklus II (72,21). Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Contextual Teaching and Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SD Negeri 060972 Simalingkar B Medan.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning, Learning Outcomes, Sains |
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD |
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] |
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah |
Date Deposited: | 07 Apr 2020 07:35 |
Last Modified: | 07 Apr 2020 07:35 |
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/629 |
Actions (login required)
View Item |