SIMANJUNTAK, MARIA MELFA, 1405030466 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE DRILL PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (603kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (338kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (362kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (528kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (657kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (335kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperbaiki pelaksanaan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode drill pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut sama dan berpenyebut berbeda. Masalah dalam penelitian adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017 dengan jumlah siswa 30 terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian terdiri dari siklus I dan siklus II. Alat pengumpul data adalah lembar observasi dan tes berbentuk essay sebanyak 5 soal. Hasil penelitian diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 20,75% dari skor 60% menjadi 72,45%; aktivitas siswa meningkat 29,03% dari skor 68,89 menjadi 88,89; ketuntasan individu mencapai nilai KKM yaitu 65, secara klasikal meningkat 18,19% dari persentase 73,33% menjadi 86,67% dan nilai rata-rata meningkat 16,19% dari 64,52 menjadi 74,97. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan metode drill pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan biasa berpenyebut sama dan berpenyebut berbeda di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Results, Methods Drill | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics 300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2020 07:08 | ||||||||||||
Last Modified: | 16 Apr 2020 07:08 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/656 |
Actions (login required)
View Item |