MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 066048 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017

NOVRIANTY, LILY, 1305030068 (2017) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 066048 MEDAN TAHUN AJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (478kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (798kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Talking Stick. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 066048 Medan, yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 26 orang, menggunakan model Talking Stick pada siswa siswa kelas IV SD Negeri 066048 Tahun Ajaran 2016/2017. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes yang berbentuk essay yang dibatasi pada jenjang kognitif C1 dan C2. Dari hasil analisis data diperoleh hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat dari 59,8% meenjadi 66,6% yang termasuk dalam kategori baik, aktivitas siswa meningkat dari nilai 68 menjadi 82 yang termasuk dalam kategori baik, ketuntasan individu siklus I terdapat 19 siswa yang tuntas dengan persentase 73,08% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 23 siswa yang tuntas dengan persentase 88,46%. Rata-rata meningkat dari 64,55% menjadi 72,245. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model Talking Stick pada materi sumber daya alam di kelas IV SD Negeri 066048 Medan Tahun Ajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcome, Learning Model of Talking Stick, Natural Sciences
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtra, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorFrikson Jony Purba, S.Si., M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 07:22
Last Modified: 16 Apr 2020 07:22
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item