MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD PARULIAN 1 TELADAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017

SIDABUTAR, RAME, 1405030485 (2017) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE BERMAIN PERAN PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III SD PARULIAN 1 TELADAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (523kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (472kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (584kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (752kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (464kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa melalui metode bermain peran pada kelas III SD Parulian 1 Teladan Tahun Pelajaran 2016/2017. Lokasi penelitian dilaksanakan SD Parulian 1 Teladan dan Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Parulian 1 Teladan Tahun Pelajaran 2016/2017. Siswa yang hadir pada siklus I dan Siklus II sebanyak 26 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode bermain peran yaitu untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa. Alat pengumpulan data adalah tes berbicara dalam bentuk teks drama dengan menerapkan dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 26 siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti pada semester genap diperoleh data hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 60% dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I adalah 64 maka dapat dinyatakan aktivitas guru dan siswa berkategori cukup. Siswa yang tuntas belajar secara individu sebanyak 18 orang dari 26 orang siswa dan tidak tuntas 8 orang, sedangkan hasil belajar siswa secara klasikal yaitu terdapat 69,23% siswa yang tuntas dan 30,77% siswa yang tidak tuntas dari hasil yang diperoleh siswa tidak dapat dikatakan tuntas secara klasikal serta nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 68,62. Kemudian peneliti melakuakn perbaikan pada siklus II maka diperoleh data hasil observasi aktivitas guru meningkat yaitu 71% dan hasil observasi aktivitas siswa juga meningkat yaitu 78 maka dapat dinyatakan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik. Hasil belajar siswa meningkat yaitu 23 siswa tuntas dari 26 orang siswa dengan persentase 88,46% dan tidak tuntas 3 siswa dengan persentase 11,54% maka dapat dinyatakan tuntas secara klasikal karena kriteria ketuntasan klasikal ≥85%. Rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 74,81. Hasil penelitian ini selanjutnya menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan berbicara siswa di kelas III SD Parulian 1 Teladan Tahun Pembelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Research Purposes, Learning Outcome, Method of Role Playing
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widiyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Apr 2020 07:33
Last Modified: 16 Apr 2020 07:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/661

Actions (login required)

View Item View Item