PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENDESKRIPSIKAN URUTAN DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS IV SD NEGERI 104212 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018

SEMBIRING, JULIA HASANAH BR, 1405030249 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENDESKRIPSIKAN URUTAN DAUR HIDUP HEWAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS IV SD NEGERI 104212 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (861kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (336kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (22MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa mendeskripsikan urutan daur hidup hewan pada Mata pelajaran IPA dengan menggunakan Model pembelajaran GroupInvestigation (GI) di kelas IV SD Negeri 104212 Marindal II. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 104212 Marindal II yang berjumlah 44 orang yang terbagi menjadi dua kelas. Dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 44 siswa. Jenis penelitian yang digunakan dalam peneliti ini adalah quasi esperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan alat pengumpul data yaitu test berupa Essay. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu seluruh nilai siswa di bawah rata-rata . Sedangkan Pelaksanaan Post Test menggunakan Model pembelajaran Group Investigation (GI) memperoleh nilai rata-rata 80,15 dan Post test menggunakan model pembelajaran model konvensionalmemperoleh nilai rata-rata 67,25 . Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa mendeskripsikan urutan daur hidup hewan lebih baik dengan menggunakan model pembelajaran Group Investigation (GI) daripada hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Konvensional di kelas IV SD Negeri 104212 Marindal II T.A 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result Studying, Describing Life Cycle Of Animals,Investigation Group(GI) Learning Model
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 03:08
Last Modified: 21 Apr 2020 03:08
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/679

Actions (login required)

View Item View Item