SEMBIRING, SURANTA, 1405030264 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DIRECT INSTRUCTION (PEMBELAJARAN LANGSUNG) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DALAM MENDESKRIPSIKAN SIFAT-SIFAT BENDA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB.DELI SERDANG T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (784kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (8MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (382kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (20MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi mendeskripsikan sifat-sifat benda dengan menggunakan pembelajaran model Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) dengan Pembelajaran Konvesional di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II kec.Patumbak Kab. Deli Serdang pada tanggal 20 sampai 24 November 2017 Sebagai subjeknya adalah siswa kelas Va dan Vb dengan jumlah siswa di kelas Va ada 28 orang dan kelas Vb ada 24 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test essay sebanyak 5 soal yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas Va = 63.25 dan rata-rata hasil belajar Vb = 65.33. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas Va dengan menggunakan model Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 76.13 sedangkan hasil belajar pada kelas Vb dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 68.04. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji bk untuk data kelas Va dengan model Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) dan kelas Vb dengan pembelajaran Konvesional diperoleh X hitung( X2 )= 10.94 dan tabel X = 9.49 Jadi nilai X hitung lebih besar daripada tabel X. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah model pembelajaran Direct Instruction (Pembelajaran Langsung) lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa daripada pembelajaran Konvesional.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Direct Instruction Model, Conventional Learning, Learning Outcomes, Science | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 21 Apr 2020 03:36 | ||||||||||||
Last Modified: | 21 Apr 2020 03:36 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/681 |
Actions (login required)
View Item |