PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018

TARIGAN, PASKA SRIULINA, 1405030255 (2018) PERBANDINGAN KEMAMPUAN SISWA MENENTUKAN KPK DAN FPB PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN PEMBELAJARAN MODEL MAKE A MATCH DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 101790 MARINDAL II KEC. PATUMBAK KAB. DELI SERDANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (693kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (344kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (23MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan Model Make A Match pada materi KPK dan FPB. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II pada tanggal 21 November 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 101790 Marindal II berjumlah 50 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari hasil analisis data diperoleh kemampuan menentukan KPK dan FPB menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD memperoleh rata-rata 85.37 dan model pembelajaran Make A Match memperoleh rata-rata 72.57. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan siswa pada materi KPK dan FPB dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran Make A Match Di kelas IV SD Negeri 101790 Marindal II tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability to determine KPK and FPB, STAD Type Cooperative Learning Model, Model Make Up Match
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heriyanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 07:16
Last Modified: 25 Aug 2021 02:54
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/686

Actions (login required)

View Item View Item