PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018

NURHABIBI, PUTRI UTARI, 1405030208 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN SISWA MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD NEGERI 067690 MEDAN JOHOR TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (986kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Talk Write pada materi menulis karangan argumentasi. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 067690 Medan Johor pada tanggal 12 Januari 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 067690 Medan Johor berjumlah 49 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Dari analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh hasil observasi aktivitas guru sebesar 79% dengan kategori baik dan hasil observasi aktivitas siswa 78% dengan kategori baik. Kemampuan siswa menulis karangan argumentasi menggunakan model pembelajaran Think Talk Write memperoleh rata-rata 85,30 dan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 78,16. Dari analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa Ada pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Think Talk Write terhadap kemampuan siswa menulis karangan argumentasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas V SD Negeri 067690 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student’s ability to write argumentation, Think Talk Write Model
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, M.PdNIDN.0127108307UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 21 Apr 2020 08:14
Last Modified: 21 Apr 2020 08:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/693

Actions (login required)

View Item View Item