MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 101912 PAGAR MERBAU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SINULINGGA, RISKA EFELIA BR, 1405030211 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD NEGERI 101912 PAGAR MERBAU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (749kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (800kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (590kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Heads Together. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101912 Pagar Merbau, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas III yang terbagi menjadi dua kelas yang berjumlah 63 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Numbered Heads Together untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 101912 Pagar Merbau Tahun Pelajaran 2017/2018. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay yang dibatasi pada ranah kognitif C1. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar individu, ketuntasan klasikal, dan ratarata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 16,72% dari nilai 58,73% menjadi 75,45%. Aktivitas siswa meningkat 26,47% dari nilai 68 menjadi 86, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal meningkat 21,73% dari 71,88% menjadi 87,50% yang tuntas, dan nilai rata-rata meningkat 7,08% dari 75,72 menjadi 82,56. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) Hasil belajar siswa meningkat, (3) hasil belajar siswa dengan menggunakan Model pembelajaran Numbered Heads Together lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional pada materi jenis-jenis pekerjaan di kelas III SD Negeri 101912 Pagar Merbau Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Results Learning, Learning Model of Numbered Heads Together
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Yason Mendrofa, M.PdNIDN.0102107590UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Rakiyah, S.Pd., M.HumNIDN.0110058507UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 14 May 2020 03:46
Last Modified: 14 May 2020 03:46
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/698

Actions (login required)

View Item View Item