MANURUNG, MELPA JULIANA, 1405030171 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MACTH DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060923 MEDAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (132kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (417kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (31MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menentukan meningkatkan hasil belajar siswa melalui model Pembelajaran Make a Macth pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018. Objek dalam penetian ini adalah penggunaan model pembelajaran Make a Macth . Penelitian ini melalui 2 siklus yang masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan hasil observasi bahwa persentase aktivitas guru meningkat dari 60% (Cukup) menjadi 79% (Baik), persentase aktivitas siswa meningkat dari 60 (Cukup) menjadi 70 (Baik). Dan rata-rata hasil belajar siswa meningkat dari 62,71 menjadi 68,04. Sebelum hipotesis penelitian diuji, seluruh data hasil belajar telah memenuhi syarat pengujian hipotesis yaitu seluruh data berdistribusi normal dan kedua sampel homogen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji berbedaan dua rata-rata (uji t) dan diperoleh 1,628 > 2,012. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dalam menyelesaikan Perubahaan Lingkungan Fisik dan Prosesnya pada mata pelajran IPA dengan menggunakan Model Make a Macth lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran Konvesional di kelas IV SD Negeri 060923 Kecamatan Medan Amplas Tahun Ajaran 2017/ 2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Make a Macth , Learning Outcome | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research 300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:01 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2020 07:01 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/711 |
Actions (login required)
View Item |