PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SILALAHI, LESTARI BR, 1405030008 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (908kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (18MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (745kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dan pembelajaran konvensional pada materi Bumi dan Alam Semesta. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri 047174 Kutarayat pada tanggal 01 Maret 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 047174 Kutarayat yang berjumlah 48 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan tes dan lembar observasi. Analisis data terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan dua rata-rata. Dari analisis data diperoleh hasil belajar siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT memperoleh ratarata77.81 dan pembelajaran konvensional memperoleh rata-rata 68.23. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa pada materi Bumi dan Alam Semesta Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT lebih baik daripada Menerapkan Model Pembelajaran Konvensional di SD Negeri 047174 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, Cooperative Model Learning Type NHT, Conventional Learning, Earth and Universe
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:09
Last Modified: 15 Jun 2020 07:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/712

Actions (login required)

View Item View Item