PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITANGGANG, ANISA MONICA, 1405030177 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 047174 KUTARAYAT TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (797kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (15MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (994kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (38MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Sumber Daya Alam. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat dengan jumlah siswa 49 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari lembar observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 54,5 % meningkat menjadi 74% pada siklus II, aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 52 dan meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 45,83% pada siklus I meningkat menjadi 95,87% pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 69,31 dan meningkat menjadi 76,61 pada siklus II. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada menerapkan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Sumber Daya Alam di kelas IV SD Negeri 047174 Kutarayat Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student Learning Outcomes, STAD Type Cooperative Learning Model, Conventional Learning, Natural Resources
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr. Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H.Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:15
Last Modified: 15 Jun 2020 07:15
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/713

Actions (login required)

View Item View Item