MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 066056 MANYAR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SIDABALOK, WIDYA ANGGUN, 1305030460 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SD NEGERI 066056 MANYAR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (800kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (415kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan mengetahui peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model Picture and Picture pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 066056 Manyar Medan tahun pelajaran 2017/2018. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 066056 Mayar Medan, Kelurahan Tegal sari, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Propinsi Sumatra Utara pada tanggal 15 dan 18 Januari 2018. Sebagai subjeknya adalah siswa kelas IV SD Negeri 066056 Manyar Medan Tahun Ajaran 2017/2018, dan objeknya adalah penggunaan pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Teknik analisis data individual, ketuntasan klasikal dan rata-rata hasil belajar siswa. Dari hasil siklus I, hasil observasi aktivitas guru 59,4% dengan kategori cukup dan aktivitas siswa 62 dengan kategori cukup, ketuntasan hasil belajar siswa secara individual sesuai dengan KKM yang ditetapka sekolah tersebut yaitu 67, siswa yang tuntas ada 15 orang sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 8 orang. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang tuntas 65,21%, yang tidak tuntas 34,78%, rata-rata hasil belajar siswa 77,34. Hasil belajar siswa pada siklus I belum maksimal, dengan demikian dilanjutkan ke siklus selanjutnya. Dari hasil penelitian siklus II maka diperoleh, hasil observasi aktivitas guru 79% dengan kategori baik dan aktivitas siswa 80 dengan kategori baik, ketuntasan belajar siswa secara individu siswa yang tuntas ada 21 orang, sedangkan siswa yang tidak tuntas ada 2 orang. Ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal yang tuntas 91,30%, yang tidak tuntas 8,69%, rata-rata hasil belajar siswa 77,84. Dengan demikian dapat disimpulkan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Picture and Picture pada mata pelajaran IPA di kelas IV SD Negeri 066056 Manyar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 berkategori baik dan dapat meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, IPA and Picture and Picture Mode
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRupina M.Br. Tarigan, S.Pd., M.PdNIDN.011118901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:39
Last Modified: 15 Jun 2020 07:39
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item