PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA PENUAI SETIA BUDI TAHUN AJARAN 2017/2018

RAJAGUKGUK, YANTI APRIANI, 1405030265 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD SWASTA PENUAI SETIA BUDI TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (771kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (805kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar siswa dan penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SD Swasta Penuai Setia Budi Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di SD Swasta Penuai Setia Budi Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Swasta Penuai Setia Budi yang berjumlah 41 siswa. Sampel penelitian ini yaitu Kelas VA sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran Talking Stick dengan jumlah 21 siswa dan kelas VB sebagai kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dengan jumlah 20 siswa. Alat pengumpulan data pada penelitian ini adalah lembar observasi guru dan siswa, tes essay sebanyak 4 soal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru pada siklus I adalah 60% dan aktivitas siswa 68 maka dapat dinyatakan aktivitas guru dan siswa berkategori cukup. Pada siklus II pelaksanaan aktivitas guru meningkat menjadi 79% dan aktivitas siswa 80 maka dapat dinyatakan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik. Ketuntasan klasikal pada siklus I diperoleh 76,19% dan meningkat pada siklus II 85,71% .Sedangkan hasil nilai rata-rata pada siklus I 64,76 meningkat pada siklus II menjadi 78,16. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Talking Stick lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA materi jenis-jenis batuan di kelas V SD Swasta Penuai Setia Budi Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Talking Stick Learning
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr. Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, M.PdNIDN.0104048701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:44
Last Modified: 15 Jun 2020 07:44
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/718

Actions (login required)

View Item View Item