SINABUTAR, TIURMAULINA, 1405030041 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (13MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (2MB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (10MB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (10MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (52MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran model Problem Based Instructiondan pembelajaran metodeKonvensionalpadamateriMenulis Paragraf Deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 12 April2018. Populasipenelitianiniadalah seluruh siswakelas V SDSwasta DharmaWanitaPertiwiyangberjumlah 48 orangdan sekaligus menjadisampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan duarata-rata. Dari analisis data diperoleh kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa menggunakan pembelajaran modelProblem Based Instructionmemperoleh ratarata86,17 dan pembelajaran metodeKonvensionalmemperoleh rata-rata83,33. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada model Pembelajaran Problem Based Instruction lebih baik daripada menggunakan metode Konvensional di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Students Writing Skills, Problem Based Instruction Learning, Conventional Method Learning | ||||||||||||
Subjects: | 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems 400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language |
||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Mar'atul Qibtiyyah | ||||||||||||
Date Deposited: | 15 Jun 2020 07:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jun 2020 07:51 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/719 |
Actions (login required)
View Item |