PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI T.A 2017/2018

SINABUTAR, TIURMAULINA, 1405030041 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SD SWASTA DHARMA WANITA PERTIWI T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (13MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (52MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Bahasa Indonesia dengan menggunakan pembelajaran model Problem Based Instructiondan pembelajaran metodeKonvensionalpadamateriMenulis Paragraf Deskripsi. Penelitian dilaksanakan di SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi pada tanggal 12 April2018. Populasipenelitianiniadalah seluruh siswakelas V SDSwasta DharmaWanitaPertiwiyangberjumlah 48 orangdan sekaligus menjadisampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpul data yang digunakan tes dan analisis data yang terdiri dari pengujian hipotesis dengan menggunakan uji perbedaan duarata-rata. Dari analisis data diperoleh kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa menggunakan pembelajaran modelProblem Based Instructionmemperoleh ratarata86,17 dan pembelajaran metodeKonvensionalmemperoleh rata-rata83,33. Dari kedua data dapat disimpulkan bahwa Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi pada model Pembelajaran Problem Based Instruction lebih baik daripada menggunakan metode Konvensional di kelas V SD Swasta Dharma Wanita Pertiwi Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Students Writing Skills, Problem Based Instruction Learning, Conventional Method Learning
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorRupina M.Br. Tarigan, S.Pd., M.PdNIDN.011118901UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 15 Jun 2020 07:51
Last Modified: 15 Jun 2020 07:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/719

Actions (login required)

View Item View Item