PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018

KARO, JUSNIKA BR, 1405030251 (2018) PENGARUH MEDIA GAMBAR BERSERI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS BERITA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS V SD NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (950kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (554kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (10MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (432kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa dalam materi keterampilan menulis berita dengan menggunakan media gambar berseri dan dengan Pembelajaran Konvesional di kelas V SD Negeri 064024 Medan Selayang Tahun Ajaran 2017/2018. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064024 Jl.Prona 1 Medan Selayang pada tanggal 12 sampai 21 Maret 2018 Sebagai subjeknya adalah siswa kelasVA dan VB dengan jumlah siswa di kelas VA ada 30 orang dan kelas VB ada 30 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan instrumen test menulis berita yang telah divalidasi oleh validator. Sebelum melakukan pembelajaran hasil rata-rata tes awal kelas VA = 18.90 dan ratarata hasil belajar VB = 22.70. Setelah dilaksanakan pembelajaran pada kelas VB dengan menggunakan media gambar berseri dan setelah dilakukan tes akhir siswa memperoleh rata-rata 77.70 sedangkan hasil belajar pada kelas VA dengan menggunakan Pembelajaran Konvesional memperoleh rata-rata 71.70. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan uji bk untuk data kelas VB dengan media gambar berseri dan kelas VA dengan pembelajaran Konvesional diperoleh Xhitung ( X2 )= 9.46 dan tabel X = 5.99 Jadi nilai Xhitung lebih besar dari pada tabel X . Kesimpulan dalam penelitian ini adalah media gambar berseri lebih berpengaruh terhadap hasil belajar siswa dari pada pembelajaran Konvesional.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Images Glow, News, Learning Accounting, The Results Of The Study, The Indonesian Language
Subjects: 400 Language > 410 Linguistics > 411 Writing Systems
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorHasni Suciawati, S.Pd., M.PdNIDN.0104048903UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 16 Jun 2020 02:41
Last Modified: 16 Jun 2020 02:41
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/725

Actions (login required)

View Item View Item