PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MATA PELAJARAN PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI SD N 068003 KAYU MANIS P.SIMALINGKAR MEDAN TP 2017/2018

SILALAHI, HOTNI SARI, 1405030045 (2018) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MATA PELAJARAN PKN MATERI KEBEBASAN BERORGANISASI DI SD N 068003 KAYU MANIS P.SIMALINGKAR MEDAN TP 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (777kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (14MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (863kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (37MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Berorganisasi di Kelas V SD N 068003 Kayu Manis P.Simalingkar Medan tahun pelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SD N 068003 Kayu Manis dengan subjek penelitian kelas V berjumlah 20 orang yang terdiri dari laki-lai 7 orang dan perempuan 13 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Teams Game Tournament. Alat pengumpulan data yaitu lembar observasi guru, lembar observasi siswa dan tes. Berdasarkan analisis data yang diperoleh dari hasil pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat yaitu siklus I dengan nilai 60% menjadi 71,5% di siklus II dan aktivitas siswa siklus I dengan nilai 52% menjadi 86% di siklus II. Ketuntasan individual telah mencapai KKM dengan nilai 65, ketuntasan klasikal meningkat siklus I 50% menjadi 85% di siklus II. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik dan hasil belajar siswa dapat meningkatkan setelah menggunakan model pembelajaran Teams Game Tournament pada mata pelajaran PKn materi Kebebasan Beorganisasi di kelas V SD N 068003 Kayu Manis P.Simalingkar Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Teams Game Tournament Model, Civic Education
Subjects: 300 Sosial Science > 320 Political and Government Science > 323 Civil Rights > 323.6 Citizenship
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorJainal B Togatorop, S.Pd., M.PdNIDN.0124028702UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:12
Last Modified: 17 Jun 2020 07:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/738

Actions (login required)

View Item View Item