PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 064024 KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SINURAYA, ITA SABARINA BR, 1405030250 (2018) PENGGUNAAN MODEL STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SD NEGERI 064024 KECAMATAN MEDAN SELAYANG TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (522kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (528kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (770kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (465kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (29MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064024 Medan Selayang, yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang terdiri menjadi dua kelas yang berjumlah 60 orang. Sedangkan objek penelitian adalah penggunaan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Kelas IV SD Negeri 064024 Kecamatan Medan Selayang Tahun Pelajaran 2017/2018. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi dan tes essay yang dibatasi pada ranah kognitif C2 dan C3. Analisis data yang digunakan adalah rumus pelaksanaan pembelajaran, hasil belajar secara individu, ketuntasan secara klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa hasil penelitian siklus I dan siklus II terjadi peningkatan. Hasil observasi pelaksanaan pembelajaran aktivitas guru meningkat 11% dari 60% menjadi 71%. Aktivitas siswa meningkat 18 dari 68 menjadi 86, ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal 50% dari 40% menjadi 90% yang tuntas dan nilai rata-rata meningkat 17 dari 58,9 menjadi 75,9. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, (2) Ketuntasan hasil belajar telah tuntas secara klasikal 50% dari 40% menjadi 90% yang tuntas (3) Hasil belajar siswa meningkat (4) Hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining Lebih baik darpada menggunakan model pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran Matematika materi Penjumlahan Pecahan Berpenyebut Tidak Sama Kelas IV SD Negeri 064024 Kecamatan Medan Selayang Tahun Pelajaran Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Kind Of Classroom Student Facilitator and Explaining A Private Economic Analyst Said, A Summation Of A Fraction Of Disguised Are Not The Same
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
300 Sosial Science > 370 Education > 372.7 Mathematics for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutahuruk, M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 18 Jun 2020 04:03
Last Modified: 18 Jun 2020 04:03
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/747

Actions (login required)

View Item View Item