PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJAS MATERI LARI SPRINT KELAS V SD NEGERI 057188 PONDOK SINEMBAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018

SITEPU, YUNI INTAN SARI BR, 1405030099 (2018) PENERAPAN METODE BERMAIN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENJAS MATERI LARI SPRINT KELAS V SD NEGERI 057188 PONDOK SINEMBAH TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (495kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (511kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (631kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (351kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode bermain pada mata pelajaran penjas materi lari sprint kelas V SD Negeri Pondok Sinembah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Pondok Sinembah sejumlah 30 siswa. Instrumen penelitian, yaitu: lembar observasi untuk mengamati perkembangan motivasi dan keaktifan siswa. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini maka dilakukan Test Hasil Belajar pada test awal, kemudian dilakukan pembelajaran dengan penerapan Metode Bermain dan dilanjutakan dengan pelaksanaan test Hasil Belajar, dan test akhir yang berbentuk aplikasi tes lari sprint50 meter. Setelah data terkumpul akan dilakukan analisis : (1) Dari test hasil belajar (pre test) nilai rata-rata yang diperoleh 56,7 kelas V-A dan 58,6 kelas V-B. Kemudian dilakukan pembelajaran menggunakan penerapan pendekatan bermain. (2) dari test hasil belajar melalui penerapan pendekatan bermain pada siklus I diperoleh 22 siswa (73%) yang mencapai ketuntasan belajar, dengan nilai rata rata 71,2. (3)pada siklus II diperoleh 27 siswa tuntas belajar secara klasikal dengan persentase (90%). (4) Pada test akhir diperoleh rata-rata hasil belajar siswa 84,1 kelas V-A dan 79,44 kelas V-B.Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis dapat dikatakan bahwa hasil belajar menggunakan metode bermain lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada mata pelajaran penjas materi lari sprint kelas V SD Negeri 057188 Pondok Sinembah Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Implementation of Playing Methods, Sprint Running.
Subjects: 700 The Art, Fine and Sport > 790 Recreational and Performing Arts
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Sejahtera, M.PdNIP.196609171993031002UNSPECIFIED
Thesis advisorDedi Holden Simbolon, S.Si, M.PdNIDN.010318701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:31
Last Modified: 15 Jul 2020 10:51
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item