PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018

MALAU, LINSE, 1405030475 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS IV SD NEGERI 060937 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (34MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar IPA siswa dengan menggunakan model pembelajaran Make A Matchdan pembelajaran Konvensioanal pada Materi Macam-Macam Gaya di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran IPA materi macam-macam gaya. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrument penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal. Hasil nilai rata-rata test akhir yang diperoleh kelas IVa 78,61 yakni kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Make A Matchdan kelas IVb 68,58 yakni kelas kontrol. Tabel frekuensi nilai test akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relative kemudian digambarkan kedalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model Make A Match di kelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua factor dengan taraf signifikan α = 0,05 dan dk = (2-1)(3-1)=2 didapat x2 (0,95)(2)=5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh pada pelaksanaan pembelajaran dengan Model Make A Match pada materi macam-macam gaya di kelas IV SD Negeri 060937 Medan Johor Tahun Pelajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, Effect of Make A Match Learning Model.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
300 Sosial Science > 370 Education > 372.3 Science for Elementary Education
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Eduard, M.SiNIP.196612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorSiti Zahara H. Harahap, M.PdNIDN.0114078802UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 19 Jun 2020 03:52
Last Modified: 15 Jul 2020 11:09
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/760

Actions (login required)

View Item View Item