SIPAYUNG, ICHYA DEOCTA, 1405030038 (2018) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI KELAS III SD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
SAMPUL.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (855kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (622kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (697kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (430kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (7MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh hasil belajar Matematika siswa dengan menggunakan Model Kooperatif tipe NHT dan pembelajaran Konvensional pada materi Pecahan di kelas III SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2017/2018. Adapun masalah dari sekolah tersebut yaitu rendahnya minat siswa dalam mata pelajaran Matematika materi mengenal pecahan. Populasi siswa kelas III sebanyak 2 kelas dengan jumlah siswa kelas eksperimen 31 orang dan kelas kontrol 34 orang. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dan instrumen penelitian ini adalah tes uraian sebanyak 4 soal.Berdasarkan perhitungan rata-rata tes akhir siswa diperoleh rata-rata hasil belajar di kelas eksperimen 72,19 dan rata-rata hasil belajar di kelas kontrol 68,26. Tabel frekuensi nilai tes akhir kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat di distribusikan dalam tabel frekuensi absolute dan frekuensi relatif kemudian digambarkan ke dalam bentuk histogram untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilaksanakan pembelajaran dengan Model kooperatif tipe Numbered head Together dikelas eksperimen dan pembelajaran Konvensional kelas kontrol. Pengujian hipotesis menggunakan uji independen antara dua faktor dengan taraf signifikan = 0,05 diperoleh x2 = 6,91>(0,95)(2)=5,99. Dari hasil pengujian hipotesis data dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dalam penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas III SD Negeri 068008 Medan Tuntungan tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Learning Outcome Mathematics, Model of cooperative Type Numbered head together (NHT) | ||||||||||||
Subjects: | 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 19 Jun 2020 08:51 | ||||||||||||
Last Modified: | 15 Jul 2020 11:12 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/765 |
Actions (login required)
View Item |