PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI UANG DI KELAS III SD NEGERI 060894 MEDAN BARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018

PASARIBU, YUNITA LUSIA, 1405030115 (2018) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN IPS DALAM MATERI UANG DI KELAS III SD NEGERI 060894 MEDAN BARU TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (366kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (832kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (984kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (353kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (11MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Media Gambar Pada Materi Uang di Kelas III A dan Kelas III B berjumlah 48 siswa SD Negeri 060894 Medan Baru Tahun Pelajaran 2017/2018. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah Media Gambar dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen yang digunakan adalah tes tertulis dengan menerapkan dua Siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 48 orang siswa. Diperoleh data hasil observasi aktivitas guru siklus I adalah 60% dan hasil observasi aktivitas siswa siklus I adalah 68 maka dapat dinyatakan aktivitas guru dan siswa berkategori cukup. Hasil belajar siswa secara klasikal yaitu dengan nilai rata-rata hasil belajar siklus I adalah 66,25%. Kemudian peneliti melakukan perbaikan pada siklus II maka diperoleh data hasil observasi aktivitas guru meningkat yaitu 79% dan hasil observasi aktivitas siswa juga meningkat yaitu 80 maka dapat dinyatakan pelaksanaan pembelajaran berkategori baik. Hasil belajar siswa meningkat yaitu dapat dinyatakan tuntas secara klasikal dengan rata-rata hasil belajar siswa meningkat menjadi 79,38%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan, pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, hasil belajar siswa meningkat, hasil belajar siswa dengan menggunakan media gambar lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional pada materi uang di kelas III SD Negeri 060894 Medan Baru Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Learning Outcomes, The Use of Image Media
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.1 Teachers and Teaching
300 Sosial Science > 370 Education > 371.3 Methods of Instruction and Study
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDra. Datten, M.PdNIP.196611291992032001UNSPECIFIED
Thesis advisorR.I.Holmes Parhusip, S.Pd., M.PdNIDN.0128098002UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Mar'atul Qibtiyyah
Date Deposited: 19 Jun 2020 09:28
Last Modified: 19 Jun 2020 09:28
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/771

Actions (login required)

View Item View Item