PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018

SITEPU, WINDA SAHPITRI BR, 1405030056 (2018) PENGARUH PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SD NEGERI 101790 MARINDAL II KECAMATAN PATUMBAK TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (485kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (612kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (626kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (431kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Tahun Ajaran 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak yang berjumlah 51 siswa sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas pararel. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah berupa test dan analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis digunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data diperoleh bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya tidak sama setelah menggunakan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018, diperoleh nilai rata-rata 76,80 dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya tidak sama meningkat setelah menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak, diperoleh nilai rata-rata 62,42. Dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya menggunakan metode eksperimen lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional di kelas V SD Negeri 101790 Marindal II Kecamatan Patumbak Tahun Ajaran 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Results of the study, Experimental Methods
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 507 Education, Research
500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorProf. Dr.Erna Frida, M.SiNIP.196401231991022001UNSPECIFIED
Thesis advisorRinci Simbolon, S.Pd, M.PdNIDN.0121118703UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Jun 2020 01:38
Last Modified: 15 Jul 2020 12:29
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/773

Actions (login required)

View Item View Item