PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIP TIPE MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018

SITUMORANG, VONY MARCELLA, 1405030072 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIP TIPE MAKE A MATCH DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN IPA DI KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI 064024 MEDAN SELAYANG TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (764kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (790kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (26MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan pembelajaran menggunakan metode Make A Match dengan metode Talking Stick pada hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 064024 Medan Selayang tahun ajaran 2017/2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasi eksperimental. Desain penelitiannya adalah pre test dan post tes. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 064024 Medan Selayang dan yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah seluruh anggota populasi atau sampel total yang berjumlah 50 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen penelitian yang diberikan berupa tes tertulis yang diberikan sebanyak 4 soal yang dibatasi dengan ranah kognitif C1 dan C2. Dari hasil penelitian yang dilakukan pada pelaksanaan Pre Test yaitu kelas V-A 46,15 dan kelas V-B 45,14 seluruh nilai siswa di bawah rata-rata. Sedangkan Pelaksanaan Post Test Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match memperoleh nilai rata-rata 86,32 dan Post Test Menggunakan Model Pembelajaran Talking Stick memperoleh nilai rata-rata 76,62. Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa Hasil Belajar Siswa dengan yang Diajarkan Menggunakan Model Pembelajaran Make A Match lebih baik dari pada menggunakan Talking Stick pada Materi Penyesuaian Hewan dengan Lingkungannya di Kelas V SD Negeri 064024 Medan Selayang

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Result learning student IPA , Model Study Make A Match, Model Talking Stick
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDr.Srie Faizah Lisnasari, M.SiNIP.196702251998012001UNSPECIFIED
Thesis advisorPindo Hutauruk, S.Pd, M.PdNIDN.0124018701UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 20 Jun 2020 02:35
Last Modified: 15 Jul 2020 12:33
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/776

Actions (login required)

View Item View Item