SIMANJORANG, DENNI LIDA, 1405030141 (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPS DIKELAS IVSD NEGERI 068008 MEDAN TUNTUNGAN TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.
Text
COVER.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (700kB) |
|
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (581kB) |
|
Text
BAB II.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (644kB) |
|
Text
BAB III-BAB V.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (1MB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (498kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing dan pembelajaran Konvensional pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi.Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan dengan jumlah siswa 50 siswa. Sampel penelitian yaitu kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 26 orang dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol berjumlah 24 orang. Adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 60,4% meningkat menjadi 79,2 % pada siklus II, aktivitas siswa diperoleh nilai 58 pada siklus I menjadi 78 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh pada siklus I 46,15% menjadi 88,46 pada siklus II, rata-rata hasil belajar pada siklus I 66,54 dan meningkat menjadi 76,92 pada siklus II. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan pembelajaran berkategori baik, ketuntasan hasil belajar siswa meningkat secara klasikal, hasil belajar siswa meningkat setelah menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing pada mata pelajaran IPS materi Perkembangan Teknologi Produksi lebih baik daripada menggunakan model pembelajaran Konvensional di Kelas IV SD Negeri 068008 Medan Tuntungan Tahun Ajaran 2017/2018.
Item Type: | Thesis/Skripsi (Skripsi) | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Uncontrolled Keywords: | Social science Learning outcomes, Snowball Throwing learning model | ||||||||||||
Subjects: | 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students | ||||||||||||
Divisions: | Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD | ||||||||||||
Contributors: |
|
||||||||||||
Department: | ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined] | ||||||||||||
Depositing User: | Friska Elsa Carolina | ||||||||||||
Date Deposited: | 26 Jun 2020 02:06 | ||||||||||||
Last Modified: | 03 Jul 2020 07:22 | ||||||||||||
URI: | http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/791 |
Actions (login required)
View Item |