PENGARUH KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA KELAS V SD NEGERI 097807 GUNUNG MALELA T.A 2017/2018

PARDEDE, CRISTOPER, 1405030229 (2018) PENGARUH KERJA KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR CERITA KELAS V SD NEGERI 097807 GUNUNG MALELA T.A 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (759kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengidentifikasi unsur cerita dengan menggunakan kerja kelompok dan pemberian pembelajaran konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 097807 Gunung Malela pada tanggal 28 Mei 2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri 097807 Gunung Malela berjumlah 45 orang sekaligus menjadi sampel penelitian yang terbagi menjadi dua kelas paralel. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu tes berupa Essay dan pengujian hipotesis dengan menggunakan uji independen antara dua faktor. Dari hasil analisis data dan hipotesis diperoleh nilai rata-rata siswa yang diajar menggunakan kerja kelompok 80,74 yang diajar dengan pembelajaran konvensional 75,68. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan kerja kelompok terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa materi mengidentifikasi unsur cerita di Kelas V SD Negeri 097807 Gunung Malela Tahun ajaran 2017/2018 terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Influence, Group Work, Student Learning Outcomes
Subjects: 300 Sosial Science > 370 Education > 371.8 Students
400 Language > 490 Another Language > 499.221 Indonesian Language
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Pandapotan Tambunan, M.PdNIP.196602101992031001UNSPECIFIED
Thesis advisorEka Oksani Harahap, S.Pd, M.PdNIDN.012710830UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 09:01
Last Modified: 03 Jul 2020 07:17
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/809

Actions (login required)

View Item View Item