PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG KELAS V SD NEGERI 106831 BAKARANBATU Kec.Lubuk Pakam TAHUN AJARAN 2017/2018

LUMBAN BATU, BERRY WINARTO, 1405030343 (2018) PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DENGAN PEMBELAJARAN LANGSUNG KELAS V SD NEGERI 106831 BAKARANBATU Kec.Lubuk Pakam TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
COVER.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (503kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (759kB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (363kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (9MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah hubungan penggunaan internet terhadap prestasi belajar siswa kelas V SD Negeri 064990 Medan Johor Tahun Ajaran 2017/2018 Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa menghitung operasi hitung campuran dikelas V SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kec.Lubuk Pakam.TA. 2017/2018.” Belum maksimal. Salah satu faktor yang penyebabnya adalah model pembelajaran yang digunakan guru belum sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa belajar volume kubus dan balok dengan menggunakan perbandingan pembelajaran berbasis masalah dengan pembelajaran langsung. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kec.Lubuk Pakam.TA. 2017/2018 di kelas V pada tanggal 27 April 2018, yang menjadi populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kec.Lubuk Pakam berjumlah 70 orang yang terbagi menjadi dua kelas paralel dan kelas sampek kelas V –A dengan jumlah 35 orang dalam penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen (eksperimen semu) dengan menggunakan pembelajaran Berbasis Masalah dan Pembelajaran Langsung dengan alat pengumpul data berupa essay. Dari hasil analisis data uji Hipotesis diperoleh Nilai rata-rata siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran Berbasis Masalah 88,93 dan yang diajar Pembelajaran Langsung 76,76 dan kemampuan siswa belajar volume kubus dan balok pada mata pelajaran Matematika dengan menggunakan Berbasis Masalah Lebih baik dari pada menggunakan pembelejaran langsung di kelas V SD Negeri 106831 Bakaran Batu Kec.Lubuk Pakam.TA. 2017/2018.

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ability, cube and block volume, problem-based learning and directlearning.
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs. Heryanto, M.PdNIP.196412101992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorUlfah Sari Rezeki, M.PdNIDN.0106129001UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 26 Jun 2020 09:50
Last Modified: 03 Jul 2020 07:14
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/812

Actions (login required)

View Item View Item