PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 102006 TIGA JUHAR TAHUN AJARAN 2017/2018

TARIGA, ARISKA REHLITNA BR, 1405030180 (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA MATA PELAJARAN IPA DI SD NEGERI 102006 TIGA JUHAR TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS QUALITY.

[img] Text
SAMPUL.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
BAB I.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (7MB)
[img] Text
BAB III-BAB V.pdf
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (16MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (720kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (31MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA pokok bahasan Energi dan Penggunannya. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SD Negeri 102006 Tiga Juhar dengan jumlah siswa 44 siswa, adapun objek penelitian yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw sedangkan alat pengumpul data yaitu lembar observasi dan pengujian hipotesis digunakan uji-t. Hasil analisis data diperoleh dari lembar observasi guru nilai yang diperoleh yaitu 59,9 % meningkat menjadi 74% pada siklus II, aktivitas siswa yang diperoleh pada siklus I adalah 64 dan meningkat menjadi 84 pada siklus II, ketuntasan klasikal diperoleh nilai 45,45% pada siklus I meningkat menjadi 95,55% pada siklus II, rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 59,15 dan meningkat menjadi 75,71 pada siklus II, dan rata-rata hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional 65,06. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis diperoleh bahwa pelaksanaan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik daripada menggunakan metode pembelajaran konvensional dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Energi dan Penggunaannya di kelas IV SD Negeri 102006 Tiga Juhar Tahun Ajaran 2017/2018

Item Type: Thesis/Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Student learning outcomes, Jigsaw type cooperative learning model, conventional learning, natural Energy and its use
Subjects: 500 Natural Science and Mathematics > 570 Biology
Divisions: Fakultas KIP > Prodi Pendidikan Guru SD
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN/NIP
Thesis advisorDrs.Eduard, M.SiNIP.199612231992031002UNSPECIFIED
Thesis advisorGemala Widyarti, M.PdNIDN.0123098602UNSPECIFIED
Department: ["eprint_fieldopt_department_PROGRAM STUDI PGSD FAKULTAS KIP" not defined]
Depositing User: Friska Elsa Carolina
Date Deposited: 27 Jun 2020 02:42
Last Modified: 15 Jul 2020 15:12
URI: http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/id/eprint/819

Actions (login required)

View Item View Item